HOT News

Aug 12, 2019

Komsos Kreatif Kodim 0817 / Gresik Gelar Lomba Tari dan Fotografi

Dandim 0817/Gresik Letkol Inf Budi Handoko, S. Sos, Menyerahkan Hadia kepada Pemenang 


GRESIK, DORRONLINENEWS.com - Puluhan penari dan Fotografer hadir dimarkas TNI Makodim 0817/Gresik Jl. R.A. Kartini No. 33 Gresik, mereka merupakan peserta Lomba yang sedang mengikuti pembukaan lomba Tari Remo dan lomba Fotografi dalam rangka penyelenggaraan Komunikasi Sosial Kreatif Kodim 0817/Gresik TA. 2019, yaitu putra/putri SMU/SMK/Sederajat di wilayah Koramil Jajaran Kodim 0817/Gresik, pembukaan kegiatan lomba tersebut dibuka oleh Letkol Inf Budi Handoko, S. Sos, selaku Dandim 0817/Gresik, pada Senin, Pagi (12/8)


Dandim Gresik mengatakan, Kegiatan ini bertujuan untuk  memelihara dan meningkatkan keeratan hubungan TNI AD dengan masyarakat umum, pelajar dan mahasiswa, yang kita inginkan bersama akan peran sertanya untuk berpartisipasi pada kepentingan bidang pertahanan, sesuai tema pada kegiatan ini,    ” Melalui kegiatan Komsos Kreatif, kita tingkatkan rasa Cinta Tanah Air, Wawasan Kebangsaan dan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara serta menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI ”

Harapan kami dengan diselenggarakannya kegiatan ini supaya dapat menghidupkan dunia Tari khususnya Tari Remo yang merupakan Tari Daerah Jawa Timur, Tarian adalah adat tradisi yang merupakan ciri khas bangsa Indonesia.  Karakter dan nasionalisme bangsa kita harus tetap terus tertanam dalam diri kita, sehingga dapat membentengi diri dari pengaruh budaya asing, ”Papar Dandim “


Selanjutnya lomba Fotografi yaitu lukisan melalui cahaya, pada kesempatan kali ini obyek Fotografi Kemanunggalan TNI-Rakyat seperti kegiatan Karya Bakti TNI,  Komunikasi Sosial, TMMD serta kegiatan lainnya yang melibatkan TNI dengan rakyat, lomba Fotografi ini dimulai Semenjak dibukanya kegiatan komsos kreatif  sampai dengan tanggal 18 Agustus 2019.



Kegiatan pembukaan lomba tari Remo maupun fotografi, dimulai secara bersamaan, Untuk tari Remo bertempat di Lapangan Kodim setelah pembukaan,  sedangkan lomba fotografi mengambil objek di wilayah Koramil jajaran Kodim 0817/Gresik dan untuk penilaian hasil Fotografi dilaksanakan pada 19 Agustus 2019 di Aula Kodim 0817/Gresik.



Sebelumnya, para peserta sudah melakukan TM (Teknikal Metting ) menentukan aturan dan pengambilan nomor undian lomba, Ratusan Peserta ikut memeriahkan lomba Tari Remo, melalui kegiatan lomba tari remo yang dilaksanakan satu hari dan mendatangkan juri tari Profesional dari Surabaya.



Peserta menampilkan jenis tarian yang banyak dikenal oleh masyarakat luas, dan juga memakai kostum/ busana gaya Suroboyoan, busana gaya Jombang, busana gaya Sawunggaling, dan busana gaya Malangan. Busana-busana Remo tersebut melebur menjadi sebuah akulturasi budaya.


Setelah diadakan penilaian dan ditentukan pemenang lomba, Kususnya lomba tari Remo yang di umumkan oleh oleh Ketua Dewan Juri tari Remo Bpk. M Zaini, S. Pd. M. Pd. Sn. yaitu Juara I tari Remo dari Koramil 0817/13 Ujungpangkah, Juara II tari Remo dari Koramil 0817/12 Sidayu, Juara III tari Remo dari Koramil 0817/05 Gresik, dan Juara Harapan 1 tari Remo dari Koramil 0817/07 Kebomas, Untuk peserta yang berhasil mendapatkan juara nantinya, direncanakan akan ikut mewakili Kodim 0817/Gresik  ke tingkat Korem 084/Bhaskara Jaya, masing – masing lomba di ambil 3 ( tiga ) pemenang dalam kelanjutan kegiatan perlombaan yang sama yakni lomba tari Remo dan Fotografi
(Pen/Lon)

No comments:

Post a Comment

Gresik Pemkab