HOT News

Aug 13, 2019

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Diuji Kinerjanya Untuk Menanggulangi Krisis Air Bersih Di Gresik

Pengisian air bersih di desa Lengkong oleh Petugas BPBD Gresik


GRESIK, DORRONLINEEWS.com -
Penyaluran air bersih ke sejumlah lokasi yang mengalami krisis air bersih dilakukan oleh BPBD Gresik. BPBD kini diuji kinerjanya untuk memenuhi kebutuhan air bersih di desa yang mengalami krisis air bersih. Salah satunya, di Desa Cermenlerek , Kecamatan Kedamean, dan di desa  Lengkong Kecamatan Cerme, dan desa   Petisbenem, Kecamatan Duduk Sampeyan. Selasa, (13/8/2019)

Kepala  BPBD Kabupaten Gresik  Drs. Tarso Sagito menuturkan, hari ini BPBD telah menyalurkan air bersih  masing masing masing desa  8000 liter kepada masyarakat.

"Namun pengiriman dilakukan secara bertahap, dilakukan beberapa kali disesuaikan KK yang membutuhkan", Jelas Tarso.


Persediaan air bersih ini untuk membantu warga yang mengalami krisis air bersih  akibat kekeringan di Desa Cermenlerek, Kecamatan Kedamean, dan desa Lengkong, kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik.


"Penyaluran air bersih kepada warga yang terdampak kekeringan, sudah menjadi agenda tahunan BPBD dalam menyediakan air bersih saat kemarau, Namun saat ini sudah berkurang". jelasnya.

Ia juga menambahkan bahwa saat ini sebanyak 59 Desa dan 8 Kecamatan di Kabupaten Gresik berdampak kekeringan.
Warga di sana kesulitan untuk mengakses air bersih. Hingga saat ini, BPBD masih bersiaga mengantisipasi meluasnya kekeringan Di Wilayahnya.


Warga diminta untuk melapor jika wilayahnya dilanda kekeringan. BPBD akan berupaya untuk mengirimkan bantuan air bersih segera. Petugas BPBD pun sudah siap melakukan pengiriman.

"Namun terekendala dengan jumlah mobil pengangkut tangki karena  BPBD hanya punya 3 unit, untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Gresik kita kerja sama dengan Pihak Ke Tiga". Tegas Tarso. (dil/lon)

No comments:

Post a Comment

Gresik Pemkab